Menu

Kira-kira Kalori di Telur Rebus Jumlahnya Berapa Ya?

Telur adalah makanan yang populer akan kandungan proteinnya. Disamping itu, telur pula bermanfaat tuk kesehatan tubuh. Belum lama ini tersiar rumor bahwa mengkonsumsi telur rebus tiap harinya amat baik dibandingkan mengonsumsi telur goreng. Mengkonsumsi telur rebus juga diteliti bisa membantu mereka yang lagi melakukan program diet. Berdasarkan ungkapan Guru Besar dari Fakultas Kesehatan Masyarakat di Unair, yakni Prof. dr. Bambang Wirjatmadi, MS. MCN. Ph.D Sp.GK, makan pagi 2 butir telur rebus maupun telur kukus memang dapat menyokong program diet, namun tetap harus diimbangi pada asupan gizi yang lain serta dengan masih mengikuti aturan makan yakni makan siang serta makan malam.

Kalori Telur Rebus

Manusia membutuhkan 2000 kebutuhan kalori tiap harinya, bila pada saat makan pagi manusia membutuhkan 1/3 dari kebutuhan kalori itu. Mengkonsumsi telur rebus saat sarapan bisa memenuhi kebutuhan kalori yang diperlukan tiap pagi, mengingat telur dengan berat 50 sampai 60 gram terkandung 308 kalori. Dengan penuhi kebutuhan kalori yang cocok, pastinya tubuh tak akan menyimpan kelebihan kalori didalam jaringan sel-sel lemak di dalam tubuh kita.

Itulah mengapa, alasan mengkonsumsi telur rebus bisa menurunkan berat badan. Tetapi, jika tentang anggapan bahwa mengkonsumsi telur rebus mengenyangkan amat tak benar karena mengkonsumsi 2 telur rebus sewaktu sarapan cuma membuat perut kenyang sampai saatnya sudah masuk makan siang.

Kenapa mengkonsumsi telur rebus setingkat lebih baik dibanding mengkonsumsi telur goreng? Jawabannya ialah, jika mengkonsumsi telur goreng akan meningkat pula kandungan kalorinya mengingat adanya dampak minyak yang dipakai. Dengan cara merebus pun bisa mengantisipasi jika telur itu mengandung virus, virus itu sendiri bisa hilang bila direbus sampai mantang dengan suhu 640C Kandungan gizi telur tak akan hilang walaupun dimasak di suhu tinggi serta dengan waktu yang tidak sebentar.

Meskipun mengkonsumsi telur rebus bisa menurunkan berat badan, namun harus masih dikonsumsi dengan cara bijaksana. Mengkonsumsi telur secara berlebihan bisa memicu adanya efek samping sebab kebutuhan nutrisi lain semacam karbohidrat dan lemak tak bisa terpenuhi. Disamping itu, telur pun memiliki kandungan protein tinggi. Bila dikonsumsi dengan berlebihan kandungan protein yang musti dipecah tubuh pun tinggi. Proses pemecahan protein jadi energi bakal memberatkan kerja seperti organ ginjal dan hati. Oleh sebab itu, konsumsi telur dengan bijaksana cukup dengan 2 butir telur rebus saja saat sarapan. Tapi, bagi mereka yang punya masalah kolesterol cuma boleh mengkonsumsi telur 2 sampai 3 butir seminggu

Leave a Reply

Your email address will not be published.